Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waduh, Kedepan BBM Pertalite Juga Akan di Hapus ??

Murnisubajamas - Beberapa hari yang lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengabarkan bahwa mereka akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 88 alias premium. Namun hingga sekarang cak bahan bakar premium sudah sulit ditemukan di SPBU. Tapi yang mengejutkan ternyata mereka juga berencana akan menghapus BBM jenis RON 90 alias pertalite…

Nantinya cak, BBM RON 90 (Pertalite) akan diganti dengan BBM dengan kadar RON lebih tinggi yakni Pertamax. Dengan begitu, terdapat dua jenis BBM yang akan dihapus yakni premium dan pertalite. Namun, pemerintah akan merealisasikan rencananya ini secara bertahap dari premium yang digantikan dengan Pertalite kemudian seiring berjalannya waktu Pertalite akan digantikan dengan Pertamax. Jadi Pertamina hanya akan menyisakan BBM jenis Pertamax saja.

Soerjaningsih selaku Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengungkapkan bahwa mereka mengupayakan hal ini dengan tujuan agar BBM yang digunakan pada kendaraan mobil ataupun motor bisa lebih ramah lingkungan… “Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan diganti dengan Pertalite, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan” ujar Soerjaningsih via migas.esdm.go.id.

Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya kangbro, meskipun BBM jenis Premium masih dijual namun jenis BBM ini memang sudah sulit untuk ditemui. Hal ini dikarenakan Premium merupakan jenis bahan bakar minyak yang tidak ramah lingkungan dan harus segera digantikan. Sementara itu, Pertamax memang memiliki kadar oktan tinggi sehingga dinilai memiliki kualitas baik dan tentunya lebih ramah lingkungan ketika dipakai pada mesin konvensional mobil ataupun motor.

Menurut peta perencanaan dari pemerintah, saat ini mereka akan mengawalinya dengan menghapus BBM Premium. Kemudian setelah itu lanjut ke BBM Pertalite. Pemerintah mengklaim transisi dari Premium ke Pertalite dapat menurunkan kadar gas buang alias karbon monoksida hingga 14%. Sedangkan transisi dari Pertalite ke Pertamax dapat menurunkan kadar emisi karbon monoksida lebih tinggi hingga 27%…

Yups, rencana penghapusan BBM Premium memang sudah gencar digaungkan pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Namun hingga kini plan tersebut belum terealisasi. Apapun itu cak, pemerintahan sebenarnya berniat baik untuk kebaikan lingkungan dengan wacana tersebut. Namun pemerintah juga harus menyiapkan strategi lain agar hal ini tidak memberatkan masyarakat menengah kebawah.

KANG ANDI
KANG ANDI Seorang marketing motor, yang keseringan cari konsumen lewat online dijuluki sama temen temen marketing online.

Post a Comment for "Waduh, Kedepan BBM Pertalite Juga Akan di Hapus ??"