Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ban Motor Sering Kempes, Padahal Udah Tubeless, Ini Dia Biangnya !!!

Kangandi - Di indonesia untuk jalankan aktivitas sehari-harinya baik itu ke kantor atau berkunjung ke sanak pamili mayoritas menggunakan sepeda motor, artinya roda dua masih jadi andalan dan paporit masyarakat tanah air.

Kendaraan roda dua ini anggap praktis dan irit, serta bisa dimiliki dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan mobil, pasalnya hampir semua kepala keluarga memiliki motor bahkan bujan hanya 1 ada kalanya yang memiliki 3 sampe 4 motor, tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Namun, bukan berarti alat transportasi ini bebas masalah, salah satu yang cukup umum dialami pengendara yakni ban kempes setengah atau sering disebut dengan sebutan bocor halus. Masalah ini tidak hanya dialami oleh motor yang menggunakan ban dalem saja, akan tetapi kerap dialami motor dengan ban tubeless. Mengapa demikian?

Salah satu penyebabnya adalah kondisi pentil ban yang kendor, pipa besi ini biasa direkatkan ke pelek dengan mengunakan baut. Saat pemakaian bisa saja baut tersebut bergetar karena kuramg kenceng saat pemasangan, alhasil udara keluar dari sela-sela karet yang renggang.

Penyebab lain dari ban bocor halus yakni adanya kerusakan pada pelek, misalkan pernah menghantam batu atau lobang hingga membuat permukaan pelek berubah dan tidak rata hal ini mengakibatkan tekanan udara dalam ban tidak bisa tinggi. Solusinya adalah membetulkan pelek yang permukaannya tidak rata dibengkel spesialis namun jika rusaknya parah, alangkah baiknya mengganti dengan pelek yang baru.

Pentil yang rusak juga bisa jadi penyebab ban sering kempes walaupun memang ada penutupnya tapi bukan berarti udara tidak bisa keluar terutama jika roda tidak dibekali dengan benda tersebut.

Terakhir, bisa jadi ada lobang kecil walau cuma setitik jarum pada ban yang membuat tekanan angin ban tidak maksimal, lubang ini bisa berasal dari benda tajam atau tambelan yang tidak sempurna, seperti yang pernah saya alami sendiri. Nah itulah sedikit tentang kenapa ban motir sering kempes walau sudah tubeless...semoga bermanfaat...

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Post a Comment for "Ban Motor Sering Kempes, Padahal Udah Tubeless, Ini Dia Biangnya !!!"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi